CEGAH JERAWAT DENGAN MENGHILANGKAN KEBIASAAN INI



    Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Jerawat paling umum terjadi pada remaja dan dewasa muda. Ada beberapa kebiasaan yang memicu timbulnya jerawat.
 
     1. Menyentuh Bagian Wajah
     Menyentuh bagian wajah dapat membuat bakteri dan berbagai kotoran yang menempel di tangan kamu dapat menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori. Hal inilah yang membuat kulit kamu jadi rentan berjerawat. Saat menyentuh wajah pastikan tangan dalam kondisi bersih, gunakan tisu jika tidak ada waktu untuk membersihkan wajah. 
 
              2. Peralatan Make up Kotor
     Peralatan make up yang kotor membuat pori-pori wajah tersumbat oleh bakteri dan kuman yang menumpuk. Rutin membersihkan make up setiap kali selesai menggunakan peralatan make up. Cuci make up dengan sabun yang mengandung mousturizer dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya untuk wajah.

              3. Tidak Membersihkan Make up
        Saat lelah dengan aktivitas seharian di luar rumah kadang membuat kita melupakan rutinitas untuk membersihkan wajah. Wajah yang tidak bersih dapat membuat pori-pori wajah tersumbat dan tidak bisa bernafas. Terlebih lagi jika wajah kita terdapat jerawat maka jerawat akan semakin meradang dan akan timbul jerawat baru yang lebih banyak. Rutin untuk membersihkan wajah setiap kali selesai beraktivitas di luar rumah. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kalian.
 
              4. Bantal dan Sprai Kotor
        Regenerasi kulilt wajah terjadi setiap 14-28 hari. Regenerasi kulit ini terjadi dengan cara sel-sel kulit yang mati terbuang dan digantikan denga  sel kulit baru yang bila dirawat, menghasilkan tekstur kulit yang lebih baik. Rajin mengganti bantal dan sprai minimal 2 minggu sekali juga bisa mencegah timbulnya bakteri penyebab jerawat.
 
     5. Pola Hidup Sehat
      Pola hidup sehat dengan pemenuhan karbohidrat, protein, buah dan sayur sesuai porsi. Dapat membuat wajah menjadi sehat. makanan fast food, tinggi garam, dan tinggi lemak dapat memperburuk jerawat serta memicu produksi hormon insulin, yang mana hormon tersebut menstimulasikan produksi minyak dan menimbulkan jerawat. makanan dan minuman yang mengandung alkohol juga dapat meningkatkan peradangan pada alilran darah sehingga dapat menganggu kesehatan kulit.
 
              6. Rutin Minum Air Putih
    Rutin mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari dapat menjaga kesegaran kulit dan mengurangi dehidrasi. Air putih dapat memberikan kelembapan pada kulit, menenangkan kuli, membantu meningkatkan kolagen dalam kulit serta mencegah penuaan dini.
 
              7. Istirahat yang Cukup
        Istirahat tidak hanya memberikan relaksasi pada tubuh. Tapi faktanya jika kita tidak cukup istirahat dan tidur tidak dalam kondisi deep sleep (tidur nyenyak) juga akan mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Malam hari, saat menurunnya aktivitas dan adanya irama sirkadian (kondisi tubuh secara alami untuk mengatur waktu istirahat) ini membuat proses pembelahan sel kulit lebih efektif dibanding siang hari. kondisi puncak proses pembelahan sel ternyata terjadi pada pukul 22.00. Pada jam ini, sel kulit ternyata mengalami pembelahan 30 kali lebih efektif dan sempurna dibanding jam lainnya. jika kalian tidur lebih dari jam 22.00 maka pembelahan wajah tidak sempurna dam efektif sehingga mempengaruhi proses pembelahan sel kulit lama menjadi baru.

             8. Gunakan Tabir Surya
      Penggunaan tabir surya dapat menangkal radiasi bebas serta melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Pastikan untuk mengulang penggunaan tabir surya setiap 2-3 jam sekali. Hindari paparan sinar matahari secara langsung.
 
              9. Perhatikan Kandungan Skincare dan Make up
      Perhatikan kandungan skincare dan make up yang digunakan. Pastikan kandungan skincare dan make up yang kalian miliki sesuai dengan jenis kulit kalian dan aman untuk kulit kalian. Karena kandungan skincare dan make up yang tidak sesuai dapat memperburuk kondisi kulit kalian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENJALANI AKTIVITAS SAAT NEW NORMAL

SEHAT SELAMA MASA PANDEMI

Inisiasi Menyusui Dini (IMD)